June 2017



Gara-gara kekurangan penjahat, Belanda akhirnya menutup 24 lembaga pemasyarakatan atau penjara sejak tahun 2013. Pemerintah Belanda menutup 19 penjara pada tahun 2013. Jumlah itu naik signifikan menjadi 24 penjara yang ditutup hingga memasuki 2017.

Sel-sel penjara di Belanda sejak tahun 2004 diketahui banyak yang kosong, karena tingkat kriminalitas negeri tersebut terbilang rendah.

Bahkan, September 2016, Belanda pernah menerima limpahan 240 kriminal dari Norwegia hanya agar penjara-penjara mereka terisi. Menteri Kehakiman Belanda Ard van der Steur mengatakan, puluhan penjara itu terpaksa ditutup untuk menghemat anggaran pengeluaran negara. “Biaya operasional penjara-penjara itu terlalu mahal bagi negeri kecil seperti Belanda. Apalagi kalau penjara itu jarang terpakai,” tuturnya.

Ia mengatakan, terdapat banyak faktor yang menyebabkan banyak penjara kosong. Salah satunya adalah, Belanda termasuk negara yang melonggarkan sistem hukum bagi pengguna narkotika.

Kekinian, pengguna narkotika di Belanda tak langsung dijebloskan ke penjara, melainkan direhabilitasi. Belanda juga menerapkan kebijakan pemakaian gelang kaki untuk narapidana, sehingga mereka tak perlu dikurung dalam penjara.

Meski bisa dibilang sebagai imbas positif, penutupan penjara-penjara itu juga membawa imbas negatif. Sebanyak 2.000 orang sipir dan manajemen penjara kehilangan pekerjaan.

Jumlah kelahiran di Jepang mencapai titik terendah pada 2016, menyusut di bawah satu juta untuk pertama kali, pertanda mengkhawatirkan bagi negara dengan sebagian besar penduduk semakin menua dan menyusut.

Pada tahun lalu, 976.979 bayi lahir, namun menjadi angka terendah sejak 1899, saat pemerintah mulai melakukan pencatatan. Jumlah tersebut juga hanya sepertiga dari puncak kelahiran pada 1949, demikian menurut data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Jepang.

Dengan penduduk dan usia kerja menurun, Jepang bergulat dengan kekurangan tenaga kerja serta tingkat kelahiran rendah yang membebani pertumbuhan ekonomi pada masa depan.

Pada 2065, penduduk Jepang diperkirakan menyusut menjadi 88 juta dari 127 juta pada saat ini dan proporsi orang di atas 65 akan meningkat menjadi 38,4 persen dari 27,6 persen, kata perkiraan Lembaga Penelitian Keamanan Sosial dan Populasi Nasional.

Pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe telah menetapkan tujuan untuk menaikkan tingkat kelahiran namun tidak ada tanda-tanda keberhasilan


Tampaknya pesan menyimpan uang lebih baik di bank daripada di rumah masih relevan. Ini terkait bahaya bukan hanya dari pencuri dan perampok, melainkan anak kecil. Seperti yang terjadi di sebuah rumah selatan Tiongkok. Seorang anak berusia 5 tahun menyobek uang kertas milik orangtuanya senilai 50.000 yuan atau setara Rp97 juta.

Bocah asal Qingdao, Provinsi Shandong itu menemukan uang kertas yang disimpan orangtuanya. Sementara kedua orangtuanya sedang keluar rumah.

Sang ayah, yang diketahui hanya bernama Gao, memungut potongan uang kertas dan membawa ke bank terdekat. Dia berharap bank bisa membantu dengan mengganti uang kertas yang sobek dengan yang baru. Semua uang itu dalam pecahan 100 yuan, telah sobek menjadi bagian kecil. Gao mengatakan tidak mungkin dia menyusun kembali serpihan uang-uang itu.

Sang ayah, yang diketahui seorang pengusaha, mengatakan uang itu adalah pinjaman dari bank. Dia mengaku sempat memarahi anaknya, tetapi tidak menghukumnya. Bagaimanapun, dia terlalu kecil untuk mengerti," kata Gao.


Belakangan ini kejahatan siber dan peretasan tengah marak terjadi dan menyerang sejumlah lembaga penting seperti go.id dan or.id . Demi menanggulangi hal tersebut, pemerintah kemudian membentuk Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

BSSN sendiri dibuat atas Peraturan Presiden (PP) Nomor 53 tahun 2017 oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2017. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan jika badan ini nantinya bertugas untuk mendeteksi dan mencegah kejahatan siber. "Perpresnya sudah, sudah diundangkan bahkan. Jadi Basinas ini dari mulai mendeteksi, mencegah, sampai kalau terjadi kalau ada kaitannya sama cyber security dia juga memperbaiki," jelasnya

Lebih lanjut, Rudiantara menjelaskan jika BSSN sendiri telah dibahas sejak 2015 lalu. Nantinya kinerja lembaga ini dipastikan tidak akan tumpang tindih dengan Polri. "Justru mengkoordinasikan agar semua lebih baik," imbuhnya

Sementara itu, BSSN sendiri nantinya bertugas untuk melaksanakan keamanan siber dan akan bertanggung jawab pada Presiden melalui Menkopolhukam. Lembaga ini akan dipimpin Kepala dan dibantu oleh Sekretariat Umum serta Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi, Deputi Bidang Proteksi, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan, Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian.

Kalau dilihat dari alur cerita film-film Rambo memang sangat tidak mungkin, hanya saja dulu memang ada seorang tentara yang tidak begitu terkenal namun pantas dijuluki Rambo. Dia adalah Leo Major seorang tentara asal Kanada yang punya kisah heroik seperti Rambo.

Lahir di Montreal, Quebec, Kanada pada 23 Januari 1921, Leo Major hanyalah seorang bocah biasa yang sempat beberapa kali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari sang ayah. Namun meski begitu, Leo sama sekali tidak menaruh amarah pada ayahnya. Bahkan salah satu alasan Leo terjun ke dunia militer adalah untuk membuat ayahnya merasa bangga sudah memiliki anak seperti dirinya.

Tahun 1940 Leo Major bergabung dengan pasukan Kanada dan empat tahun kemudian langsung terjun ke medan perang tepat saat Kanada mendeklarasikan perang dengan Nazi.

Aksi paling melegenda dari seorang Leo Major adalah saat ia menyelamatkan satu kota yang berisi 50 ribu penduduk dari pasukan Nazi. Leo ditugaskan bersama temannya Willy Arsenaut untuk menyusup ke Kota Zwolle demi mengetahui seberapa besar kekuatan Nazi.

Sayangnya sebelum masuk ke Kota, Leo dan Willy bertemu dengan satu kelompok Nazi yang sedang patroli. Kontak senjata tentu tidak dapat terelakkan hingga membuat Willy tewas. Hal tersebut justru membuat amarah Leo memuncak, dengan gagah berani Leo menculik salah satu pasukan Nazi dan menggunakan seorang pasukan tersebut untuk merangsek masuk ke markas Nazi.

Saat di dalam, Leo menyebut agar seluruh pasukan Nazi menyerah karena kota Zwolle sudah dikepung oleh pasukan Kanada. Untuk membuktikan gertakan tersebut, saat keluar dari markas Nazi Leo menghujani beberapa sudut Kota Zwolle dengan senapan mesin dan juga granat.

Kontak senjata kembali terjadi namun hal tersebut pula yang akhirnya membuat pasukan Nazi yakin untuk menyerah. Aksi heroik Leo Major pun membuat namanya disematkan sebagai nama Jalan di kota Zwolle, dan namanya tercatat sebagai pahlawan bagi masyarakat Zwolle. Leo meninggal dunia pada tahun 2008 di usia 87 tahun. Bedanya dengan Rambo yang ada dalam film, di usia seperti itu dia masih sibuk bermain film.

Anda pasti masih ingat tentang status viral yang menyebut kalau Gajah Mada sebenarnya seorang Muslim yang bernama Gaj Ahmada. Awalnya dari status yang kemudian di capture lantas disebar kemana-mana, dan kita yang selama ini tahu kalau sosok pejuang di Kerajaan Majapahit adalah seorang Hindu terpancing untuk mengomentarinya.

Banyak orang berkomentar karena berdasarkan sejarah sosok Pati yang punya kesaktian tinggi adalah seorang Hindu yang bernama Gajah Mada bukannya Gaj Ahmada. Memang kita sedikit “terusik” tapi klaim tentang Gajah Mada adalah seorang muslim yang bernama Gaj Ahmada punya bukti-bukti yang berasal dari sejarah
.
Status viral yang menyebut Gaj Ahmada berasal dari adanya koin emas dan makam sang Patih, karena di koin dan makam Gajah Mada terdapat tulisan Arab yang dipercaya sebagai lafazh Tauhid akan kesaksian kepada Tuhan dan Rasul. Sementara nama Gaj Ahmada diklaim karena katanya masyarakat Jawa kala itu tidak dapat melafalkan dengan benar sehingga disebut dengan nama Gajah Mada.

Klaim demi klaim tersebut membuat beberapa netizen cukup percaya, apalagi muncul sebuah statement kalau di penghujung usianya sang Patih sempat memeluk Islam sampai menutup usia. Tapi meski klaim tersebut dipercaya berasal dari sejarah namun itu belum bisa dibuktikan secara valid.

Akan tetapi, berdasarkan sejarah yang tercatat di dalam Naskah Kuno mulai dari naskah Paraton, Kidung Sunda ataupun Usuna Jawa sang Pati beragama Hindu dan bernama Gajah Mada. Sepeninggalnya kerajaan Hindu masuk ke masa kejaan dibawah pimpinan Hayam Wuruk, setelah itulah baru kerajaan Islam mulai bermunculan salah satunya kerajaan Deman Bintoro.

Itulah versi sejarah yang selama ini kita percaya sekaligus dianggap paling kuat karena tertuang pada prasasti dan naskah kuno.

Pernah gak sih, kamu lihat kucing ada di depan rumahmu, sambil duduk, tiduran, meong-meong terus? Pasti sering lah.. Apalagi kalau tinggal di perumahan atau kampung, pasti hewan ini senang datang ke rumah kita. Kamu terganggu gak sih sob, dengan keberadaan kucing-kucing liar di sekitar rumah kita? Apalagi, kalau kita sedang membawa makanan atau lagi masak, wuih, dijamin deh, bakal ramai rumah kita. Kalau satu sih, masih gampang ngaturnya, tapi kalau udah ngajak teman-temannya tuh, wah bisa-bisa konser deh di rumah.
Mereka mengeong seperti ingin berkata kepada kita, “Hey, bagi dikit dong makanannya. Aku kelaparan nih.” Kalau kita senang dengan kucing, pasti kita bahagia membagikan sebagian makanan kepada hewan tersebut. Tapi, bagi yang gak suka dengan kucing, bisa jadi bukannya makanan yang didapatkan, tetapi tendangan kaki atau lemparan sandal.
Kamu tahu gak sih, sebenarnya kedatangan kucing ke rumah kita itu memiliki maksud lho. Mereka tidak datang begitu saja, tanpa ada yang menggerakkannya. Jika ada hewan lucu tersebut datang ke rumah kita, 3 alasan ini menjadi perhatian bagi kita, bahwa sebaiknya kita tidak memperlakukan hewan yang datang ke rumah dengan semena-mena, apalagi sampai menyakitinya. Karena tiga hal ini, kamu bisa jadi sangat merugi jika tidak memberikan makanan pada hewan (binatang) yang merupakan salah satu kesayangan Nabi Muhammad SAW.

Tiga Alasan Utama Kucing Datang ke Rumah:

Alasan Pertama
Jika kamu mendapatkan rezeki / nikmat, maka seharusnya lah kamu mensyukurinya. Melalui kucing yang datang ke rumah kita, Allah berusaha memberitahukan kepada kita, bahwa sebagian rezeki / nikmat tersebut, ada hak dari kucing tersebut, yang juga merupakan makhluk Allah. Dengan kedatangan hewan tersebut ke rumah kita, sepatutnya lah kita memberikan sebagian nikmat / rezeki kepada salah satu makhluk Allah yang juga merupakan salah satu hewan kesayangan dari Rasulullah SAW.
Kedua
Masih terkait dengan alasan yang pertama, Allah berusaha memberitahukan kepada kita bahwa dengan memberikan makanan / membagikan sebagian makanan kepada hewan tersebut, rezeki yang lain sedang menanti untuk datang kepada kita. Jika kita bersyukur, Allah akan ganti yang lebih baik lagi. Sebab, 1 kebaikan akan dibalaskan dengan 10 kebaikan. Rezeki pun akan diganti berkali-kali lipat dari kebaikan yang sudah kita berikan. Allah Maha Pemberi Rezeki.
Ketiga
Alasan ketiga, buat kamu yang menolak memberikan makanan (sebagian rezeki) kepada hewan tersebut, berarti secara gak langsung kamu menolak rezeki baru yang akan Allah berikan kepada kita. Rezeki itu tidak terbatas hanya dengan uang dan harta. Bisa kesehatan, kebahagiaan, dan berbagai aspek kehidupan lainnya. Ingin ikhlas memberi, berilah pada hewan karena hewan tak pandai mengucapkan terima kasih kepada kita. Ia hanya tahu minta dan makan. Jangan pula sampai menyakitinya, karena berarti kamu menyakiti salah satu makhluk ciptaan Allah.
Demikianlah 3 sebab mengapa kucing datang mendatangi kita, bukan tanpa maksud dan sebab. Mereka datang atas kehendak Allah. Dan betapa ruginya jika kita menolak memberi makan hewan tersebut, itu sama artinya dengan kita menolak rezeki pemberian dari Allah yang diberikan kepada kita.

Beberapa hari lalu, dunia heboh dengan kabar pendirian sebuah negara baru, yakni Asgardia. Menariknya, negara yang dicetuskan ilmuwan Rusia Igor Ahusrbeyli ini tak akan berlokasi di Bumi, tetapi di luar angkasa dengan wilayah berupa wahana raksasa.

Walaupun belum resmi berdiri, "pemerintah" Asgardia sudah menyeleksi calon penduduk. Kini, lebih dari setengah juta penduduk Bumi mendaftar jadi warga negara Asgardia, termasuk mereka yang tinggal di Indonesia.

Setidaknya 2.609 orang di Indonesia sudah mendaftarkan diri jadi penduduk Asgardia. Indonesia menempati urutan ke-18 di antara negara-negara lain.

Misalnya saja Tiongkok (32.464 orang), Turki (29.545 orang), Amerika Serikat (29.153 orang), Brasil (10.000 orang), Inggris (9.575 orang), Italia, Meksiko, Spanyol, India, Rusia, Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Malaysia, dan lain-lain.

Ketika diklik, lebih dari 80 persen orang yang mendaftarkan diri menjadi warga negara Asgardia berjenis kelamin laki-laki, sedangkan pendaftar perempuan lebih sedikit.

Selain itu, dari peta terlihat pula persebaran pendaftar dari Indonesia yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia. Misalnya saja dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Denpasar, Yogyakarta, Bekasi, Banjarmasin, Makassar, Gorontalo, dan kota-kota lain di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut apakah orang yang mendaftar jadi warga negara Asgardia ini merupakan warga negara Indonesia atau kaum ekspatriat yang tinggal dan menetap di Indonesia.

Kemungkinan, sebagian di antaranya mungkin adalah orang Indonesia. Hal ini terlihat dari bahasa yang dikuasainya, yakni bahasa Indonesia, meski jumlahnya minoritas.

Sekadar diketahui, mereka yang direkrut menjadi warga negara akan mengantongi sertifikat Asgardia dan resmi menjadi Asgardian (julukan warga negara Asgardia), tetapi tetap memiliki status dwikewarganegaraan.

Layaknya negara-negara Bumi, Asgardia juga akan membentuk pemerintahan demokrasi berdasarkan hukum. Warga negara Asgardia pun nanti diminta untuk turut andil memberikan suara demi sistem perumusan dasar konstitusi negara tersebut.

NASA mengakui bahwa salah satu pesawat antariksanya bertabrakan dengan benda terbang tak teridentifikasi atau unidentified flying object (UFO) yang berkecepatan seperti peluru. Peristiwa itu terjadi pada Oktober 2014, di saat Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) ditabrak oleh obyek kecil.
Menurut laporan The Sun, tabrakan tersebut menyebabkan adanya kesalahan aneh di kamera LRO sehingga menghasilkan gambar dengan pola bergerigi.

Pemburu alien menghabiskan berjam-jam mengamati rekaman yang diambil oleh LRO. Mereka mengklaim telah mencatat adanya bukti tempat tinggal alien di Bulan.
Namun, NASA berpikir bahwa penyebab tabrakan tersebut adalah UFO yang diduga berupa meteorit kecil.

Seorang profesor dari Sekolah Bumi dan Eksplorasi Antariksa di Arizona State University, Mark Robinson, mengatakan bahwa LRO masih dapat bertahan dan terus menjalankan misinya untuk mengeksplorasi bulan.

Ia memperkirakan bahwa meteorit kecil menabrak LRO dan mengenai kameranya, sehingga gambar Bulan yang dihasilkan menimbulkan pola bergerigi.
"Meteorit melesat dengan kecepatan lebih tinggi dari peluru," ujar Robinson seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (30/5/2017).

"Dalam kasus ini, LRO tidak menghindarinya, namun selamat dari peluru itu!," imbuh dia.
NASA juga mengungkap mengapa pihaknya membutuhkan waktu lama untuk merilis detail tabrakan itu.
"Karena tabrakan itu tak menimbulkan masalah teknis bagi keberlangsungan dan keselamatan instrumen, tim hanya mengumumkan bahwa kejadian ini adalah contoh mengagumkan bagaimana data teknis dapat digunakan, dengan cara yang tak diantisipasi sebelumnya, untuk memahami apa yang terjadi pada pesawat antariksa yang berada 379 ribu kilometer di atas Bumi," ujar ilmuwan LRO, John Keller, di Goddard Space Flight Center NASA.

Namun penjelasan tersebut tak meyakinkan pemburu UFO yang meyakini ada tempat rahasia bagi alien yang tersembunyi di Bulan.

Kalau berbicara soal penjahat Indonesia yang paling legendaris, maka jangan sampai tidak menyebut nama Kusni Kasdut. Alasannya apalagi kalau bukan lantaran pria ini pernah melakukan banyak aksi kejahatan luar biasa.

Kusni sebenarnya hanyalah bapak-bapak biasa yang murah senyum. Bahkan menurut catatan yang ada, ia punya riwayat unik dengan ikut serta bersama TNI dalam perang revolusi kemerdekaan. Namun karena lain hal, kemudian Kusni malah mengubah jalan hidupnya menjadi orang jahat yang kiprahnya tercatat sebagai aksi tergila yang pernah terjadi di Indonesia.

Pria satu ini sudah sejak lahir hidup dalam kondisi yang miskin. Dan yang mengenaskan, kondisi ini tak berubah sampai Kusni berusia remaja. Entah, mungkin karena sudah lelah hidup miskin serta tak kunjung bisa mengubah nasib, akhirnya Kusni banting setir menjadi seorang penjahat

Kusni pun melakukan berbagai aksi kejahatan mencengangkan. Salah satu yang cukup fenomenal adalah perampokan rumah seorang jutawan bernama Ali Badjened yang berakhir dengan tewasnya si orang kaya. Berita tentang perampokan Ali Badjened cukup booming ketika itu. Tapi, bukan itu aksi Kusni yang paling fenomenal. Tercatat, perampokan di Museum Nasional Indonesia-lah yang jadi aksi tergilanya. Bak film, kala itu Kusni berhasil mencuri 11 butir permata koleksi museum setelah sebelumnya melakukan intrik-intrik licik.

Intrik yang dilakukan Kusni saat melakukan perampokan itu sungguh luar biasa. Pertama ia menyamar menjadi seorang anggota polisi untuk kemudian masuk dan melakukan penjarahan. Dalam aksinya itu, Kusni melakukan penyanderaan serta menembak mati seorang penjaga museum. Ajaibnya, ketika berada di posisi sulit seperti ini Kusni berhasil lolos. Sejak saat itu namanya pun sangat melambung sebagai penjahat paling dicari karena mencuri pusaka berharga negara.

Pada akhirnya Kusni bisa diringkus ketika sedang menjual permata hasil perampokan fenomenalnya itu. Ia pun langsung disidang dan keputusannya adalah eksekusi mati

Pembantaian etnis Tionghoa yang terjadi di tahun 1740 memang tak banyak diketahui orang. Bisa jadi di sekolah pun tak akan diajarkan. Namun di masa lalu, kasus pembantaian ini cukup membuat suasana tanah air jadi geger

Pembantaian ini didasari oleh isu politik yang membuat Belanda, dalam hal ini atas kemauan VOC, mulai kalah bersaing dalam urusan perdagangan dengan Inggris. Saat itu EIC sebuah perusahaan perdagangan Inggris berbasis di India mulai mengambil perdagangan Asia. Nasib sial justru menimpa etnis Tionghoa. Mereka yang mulai datang dan berkembang di Indonesia jadi bulan-bulanan VOC. Akhirnya pedagang Tionghoa ini dikenakan banyak pungli dan pajak yang sangat merugikan.

Menanggapi hal ini beberapa kelompok pemuda Tionghoa memprotes. Tapi protes mereka tak berjalan lama karena Belanda lebih mengamuk dan mulai melakukan pembantaian mengerikan. Belanda memprovokasi warga lokal untuk membantai orang Tionghoa

Siapa saja yang mampu memenggal kepalanya akan dapat hadiah. Selain itu tentara Belanda juga mulai menyisir area tempat orang Tionghoa tinggal. Mereka mendobrak pintu dan menembaki siapa saja yang ada di dalamnya. 
Dalam peristiwa ini lebih dari 7.500 jiwa melayang dengan cepat. Setelah kasus ini Belanda mengharuskan orang China membangun daerahnya sendiri. Mereka dilarang keluar kota untuk berdagang. Itulah mengapa di setiap kota besar selalu ada pojok-pojok pecinan.