Di Maluku ada makhluk misterius yang diberi nama sebagai Botol Manci. Makhluk ini berukuran kecil seperti kurcaci.

Botol Manci bagi masyarakat Maluku sudah menjadi legenda sekaligus menjadi misteri. Botol Manci secara harfiah adalah makhluk halus bertubuh pendek/kerdil atau seukuran bayi. Menurut cerita orang-orang tua di Maluku, Botol Manci biasanya memakai topi dengan ujung yang lancip mirip dengan Gnome atau kurcaci dalam legenda-legenda Eropa dan memegang botol yang menyala namun tidak terlalu terang.

Botol Manci seperti halnya manusia, ada yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, ada yang masih muda dan ada yang sudah tua dengan jenggot yang panjang

Botol Manci biasanya sering ditemui di bawah pohon bambu hias. Kemunculan Botol Manci sering ditandai dengan cahaya remang lampu lenteranya. Botol Manci seperti halnya manusia ada yang baik dan ada yang jahat. Botol Manci suka berbuat usil dengan menyembunyikan atau bermain dengan bayi atau balita yang disukainya.

Botol Manci bisa dipanggil / dipancing atau dalam bahasa Maluku disebut mangael Botol Manci dengan cara memain-mainkan lidi yang ujungnya dibakar yang baranya masih menyala di tempat yang gelap atau angker dan yang paling bagus di bawah pohon bambu hias

Bagi mereka yang beruntung, bisa bertemu dengan Botol Manci. Jika bertemu dengan Botol Manci dan berhasil mengambil topinya maka apa saja permintaan kita bisa dipenuhi dengan syarat kita harus mengembalikan topinya sebelum pagi atau matahari terbit.

Botol Manci walaupun bertubuh kerdil tetapi mereka kuat jika bergumul dengan manusia yang berniat mengambil topinya untuk meminta harta dan sebagainya. Jika manusia tersebut kalah atau tidak kuat dalam perebutan topi Botol Manci, maka dia akan digelitik atau dalam bahasa Maluku disebut dapa gili-gili dari Botol Manci sampai meninggal.

Sampai sejauh ini belum ada penelitian serius tentang makhluk gaib ini sehingga Botol Manci tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan. Seperti halnya legenda-legenda yang lain, karena tidak tertulis maka legenda Botol Manci ini mungkin telah terdistorsi sehingga mungkin berbeda dengan kisah sebenarnya.

Share To:

Gamers Update

Post A Comment:

0 comments so far,add yours