October 2014
Mike PortalEmbargo senjata terhadap suatu negara atau kelompok diberlakukan oleh negara-negara atau organisasi internasional. Negara atau organisasi internasional tersebut memandang embargo senjata sebagai jalan untuk menciptakan perdamaian dan keamanan. Berikut sepuluh embargo senjata terlama oleh Uni Eropa (UE) dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang hingga kini masih berlaku.


Embargo senjata PBB dan UE atas Pantai Gading (November 2004 - sekarang)

Embargo senjata atas Pantai Gading diberlakukan sejak tahun 2004 oleh PBB dan UE sebagai reaksi atas perang saudara yang terjadi di negara Afrika Barat ini.

Parade Angkatan Bersenjata Pantai Gading 2013.

Dewan Keamanan PBB mengembargo pasokan senjata dan peralatan terkait kepada Pantai Gading pada November 2004, sedangkan embargo senjata oleh UE mulai berlaku sejak bulan Desember 2004. Embargo senjata PBB atas Pantai Gading telah beberapa kali diperbarui dan diperpanjang, dan embargo terbaru berlaku hingga April 2015.


Embargo senjata UE atas Zimbabwe (Februari 2002 - sekarang)

UE memberlakukan embargo senjata atas Zimbabwe pada bulan Februari 2002 sebagai reaksi terhadap pelanggaran HAM berat di negara ini. Embargo meliputi penjualan, pasokan atau bantuan teknis terkait peralatan atau sistem militer.

Tentara Zimbabwe saat hari angkatan bersenjata. 

Pada Februari 2014 lalu embargo UE kembali diperpanjang sampai Februari 2015. Meskipun terkena sanksi perjalanan dan keuangan oleh PBB, namun PBB tidak memberlakukan embargo senjata atas Zimbabwe.


Embargo senjata UE atas Sudan (Maret 1994 - sekarang)

Embargo senjata di Sudan diberlakukan oleh UE pada bulan Maret 1994 sebagai reaksi terhadap perang saudara di negara itu. Embargo kemudian diubah dan diperkuat lagi dengan keputusan yang dibuat pada tahun 2004.

Pengawal Presiden Sudah Selatan

Pada bulan Juli 2004, PBB juga melarang pasokan senjata kepada seluruh organisasi non-pemerintah dan individu di wilayah Darfur di Sudan. Menyusul pembentukan Sudan Selatan, UE juga memperbarui embargo agar berlaku untuk kedua negara tersebut.


Embargo senjata UE atas Republik Demokratik Kongo (April 1993 - sekarang)

UE memberlakukan embargo senjata atas Republik Demokratik Kongo pada bulan April 1993. Embargo sudah beberapa kali diubah dan diperpanjang dan hingga kini masih berlaku.

Kelompok bersenjata non-pemerintah (seragam hijau) di Republik Demokratik Kongo. 

PBB juga memberlakukan embargo senjata terhadap kelompok bersenjata dan milisi Kongo dengan menghentikan pasokan atau transfer senjata dan peralatan terkait atau bantuan pelatihan untuk kelompok-kelompok milisi aktif di negera tersebut.


Embargo senjata PBB atas Liberia (November 1992 - sekarang)

Embargo senjata yang diberlakukan PBB dan UE atas Liberia telah berlangsung lebih dari dua dekade. PBB memberlakukan embargo senjata di Liberia pada tahun 1992 sebagai reaksi atas perang saudara di Liberia, sedangkan embargo senjata UE mulai berlaku sejak Mei 2001.

Seorang polisi militer Liberia berdiri di hari Angkatan Bersenjata Liberia, 2010.

Embargo senjata PBB kemudian dicabut pada tahun 2001 dengan diganti dengan embargo baru, yang kemudian diperbarui melalui resolusi. Meskipun sudah ada pembebasan (parsial) dalam peraturannya, namun embargo senjata PBB atas Liberia masih berlanjut.


Embargo senjata OSCE atas Armenia dan Azerbaijan (Februari 1992 - sekarang)

Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) memberlakukan embargo senjata atas Armenia dan Azerbaijan pada awal tahun 1992 sebagai reaksi terhadap perjuangan bersenjata antara bangsa-bangsa di wilayah Nagorno-Karabakh (diakui internasional sebagai wilayah Azerbaijan).

Diakui internasional masuk ke wilayah Azerbaijan, namun Nagorno-Karabakh memiliki pemerintahan sendiri.
Diakui internasional masuk ke wilayah Azerbaijan, namun Nagorno-Karabakh memiliki pemerintahan sendiri.
Embargo senjata yang kini masih berlaku, memperketat pasokan senjata dan amunisi kepada angakatan bersenjata yang terlibat di wilayah tersebut. Baik PBB dan UE, memberlakukan embargo senjata atas Armenia dan Azerbaijan.


Embargo senjata PBB atas Somalia (Januari 1992 - sekarang)

Embargo senjata atas Somalia diberlakukan oleh PBB pada Januari 1992 sebagai respon terhadap perang dan krisis kemanusiaan di negara itu.

Tentara Somalia

Pada bulan Desember 2002, UE juga memberlakukan embargo senjata terhadap Somalia, tetapi kemudian diperingan, yaitu diperbolehkan mengeskpor senjata ke Pasukan Pemerintah Somalia untuk pelatihan militer dan misi kemanusiaan.


Embargo senjata UE atas Myanmar (1990 - sekarang)

Embargo senjata UE atas Myanmar (sebelumnya Burma) berlaku sejak tahun 1990, meliputi senjata dan amunisi, komponen serta peralatan pendukung untuk senjata dan non-senjata, transfer teknologi, perbaikan dan pemeliharaan persenjataan.

Tentara Myanmar

Kemudian pada tahun 2013 UE mencabut semua sanksi terhadap Myanmar, kecuali senjata sebagai tanggapan atas perkembangan politik di Myanmar. Resolusi terbaru yang berlaku sekarang adalah memperpanjang embargo senjata hingga April 2015.


Embargo senjata PBB dan UE atas Irak (Agustus 1990 - sekarang)

PBB dan UE memberlakukan embargo senjata atas Irak pada tahun 1990 setelah Irak menginvasi Kuwait pada bulan Agustus 1990. UE memberikan keringanan antara tahun 2003-2004, sementara PBB tetap memberlakukan sehingga embargo senjata atas Irak menjadi embargo terlama kedua di dunia saat ini.

Tentara Irak berdiri di luar sebuah kompleks militer Irak di Buhriz, Irak.

Setelah jatuhnya pemerintahan Irak yang dipimpin Saddam Hussein pada tahun 2003, PBB mencabut sanksi-sanksi perdagangan dan pembatasan atas peralatan terkait yang diperlukan pemerintah Irak yang baru dibentuk pada tahun 2006, namun selain itu embargo senjata masih tetap diberlakukan. UE sendiri memberikan kelonggaran terhadap Irak untuk mendapatkan senjata dan peralatan terkait yang diperlukan oleh pemerintahan baru Irak.


Embargo senjata UE atas China (Juni 1989 - sekarang)

Embargo senjata yang diberlakukan oleh Uni Eropa atas China merupakan hasil dari deklarasi yang dibuat oleh UE di Madrid pada 27 Juni 1989 sebagai protes atas tragedi Lapangan Tiananmen tahun 1989, sekaligus menjadi embargo senjata terlama di dunia saat ini.

Tentara China saat parade 12 Juli 2000

UE sendiri tidak memiliki ketentuan tentang kategori senjata seperti apa yang tidak boleh dikirim ke China. Akibatnya negara-negara anggota UE menafsirkan embargo sesuai dengan hukum nasional mereka, regulasi dan proses pengambilan keputusan, oleh karena itu beberapa negara anggota UE masih mengekspor beberapa alat pertahanan ke China.

Disamping sepuluh negara-negara di atas, hingga saat ini embargo senjata juga masih diberlakukan kepada beberapa negara; Iran dan Korea Utara (PBB dan UE - sejak 2006),  Eritrea (PBB dan UE -sejak 2010), Guinea (UE - sejak 2009), dan Hizbullah (PBB dan UE - sejak 2006). Indonesia sendiri pernah diembargo senjata oleh Pemerintah Amerika Serikat mulai tahun 1999 hingga 2005 terkait tuduhan pelanggaran HAM di Timor Timur.


Mike PortalMungkin anda tidak mempercayai hewan-hewan fantasi yang sering ada di film atau kartun-kartun. Tapi, tahukah kamu bahwa ada hewan yang hampir mirip dengan hewan-hewan fantasi yang seringkali hanya kita lihat hanya di layar kaca?

Makhluk-makhluk dibawah ini sangat bertentangan dengan imajinasi manusia, tapi hewan-hewan ini bukan cuma fantasi belaka! Makhluk-makhul ini masih dapat ditemui sampai sekarang. Berikut deretan 10 hewan nyata yang lebih mirip hewan fantasi:


10. Olm (Proteus anguinus)


Hewan amfibi ini, yang asli dari gua-gua terdalam dan tergelap di Eropa (yang paling terkenal di Slovenia) dan dulunya disangka "anak naga" telah menjadi salah satu dari hewan paling ganjil di dunia. Hewan ini buta total, dan kekurangan pigmentasi tubuh. Meskipun buta, ia dapat menangkap sinyal-sinyal kimiawi dan sinyal-sinyal kelistrikan melalui reseptor-reseptor di seluruh badannya. Ia memiliki kulit yang lunak dan pucat yang sedikit menyerupai kulit manusia yang sangat pucat, itulah sebabnya oleh penduduk setempat terkadang disebut "ikan manusia".


9. Gurita Mantel (Tremoctopus violaceus)


Hewan ini terlihat sangat kontras dengan gurita normal. Seolah-olah hewan ini berasal dari planet lain yang terjun kedalam laut dan menyukai tinggal di sana. Hewan betinanya 40.000 kali lebih berat dari yang jantan. Jantannya hanya memiliki panjang 2,4 cm sedangkan betinanya besar, dengan panjang lebih dari 2 meter. Jika merasa terancam, betina bisa memperbesar membrannya yang mirip mantel di antara lengan-lengannya sehingga terlihat lebih besar.


8. Katak Gelas (Centrolenidae)


Yang menjadikan katak kecil asal Amerika Tropis ini begitu unik adalah ia memiliki kulit yang tembus cahaya, sehingga dapat dipelajari anatominya tanpa harus membedahnya. Beberapa organ internalnya seperti jantung, usus dan hati dapat terlihat sempurna jika dilihat dari bawah.


7. Blobfish (Psychrolutes marcidus)


Ikan perairan dalam yang bergelatin ini memiliki wajah yang sangat muram. Ditemukan di perairan sekitar Australia dan Tasmania, Blobfish lebih bersifat pasif dalam hidupnya, dengan memakan detritus apapun yang dapat dijangkaunya. Ia kekurangan kekuatan otot dibanding ikan lain dan hampir tidak mengeluarkan energi saat berenang karena badannya yang lebih ringan dari air.


6. Assassin Spider (Archaeidae)


Jangan khawatir, laba-laba ini panjangnya hanya 2 mm dan meskipun dengan nama dan penampakan yang menakutkan, namun ia sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. "Lehernya" yang panjang didesain khusus untuk mendukung berat rahangnya yang besar, yang dilengkapi dengan gigi berbisa.


5. Hatchetfish (Sternoptychidae)


Tampak dari depan, ikan ini seolah-olah berasal dari planet lain. Ikan perairan dalam ini ditemukan di semua samudera kecuali daerah paling dingin, dan seperti olm dan blobfish, menghabiskan seluruh hidupnya dalam kegelapan. Ia dapat melihat dengan sebuah organ penghasil cahaya pada sisi-sisinya yang memungkinkannya untuk menangkap mangsa.


4. Kepiting Berbulu (Kiwa hirsuta)


Dikenal juga sebagai "Kepiting Yeti", krustasea ini ditutupi dengan benda yang tampak sekilas seperti bulu, tetapi sebetulnya merupakan penutup setae yang padat, seperti yang ditemukan pada kaki beberapa jenis udang. Bulu-bulu ini kelihatannya berfungsi sebagai filter, mendetoksifikasi air dimana mereka hidup. Kepiting ini buta dan tidak berwarna dan hidup dalam kegelapan.


3. Naga Laut Berdaun (Phycodurus eques)


Ikan ini, yang masih berhubungan dengan kuda laut, bertahan hidup dengan berpura-pura menjadi ranting-ranting rumput laut yang mengapung. Ia berenang sangat lambat dan dorsal serta insang pektoralnya yang transparan dan hampir tidak dapat dilihat. Kebanyakan pemangsa bahkan tidak tahu kalau hewan ini ada.

Hewan ini memiliki kebiasaan reproduksi yang aneh, betina meletakkan telur ke dalam badan pejantan melalui sebuah tabung panjang, dan pejantan membawa telur itu sampai menetas. Ikan ini ditemukan di pantai selatan dan barat Australia.


2. Toke Siluman Berekor Daun (Uroplatus phantasticus)


Hewan ini terlihat lebih mirip daun kering yang telah rontok, sehingga jarang terlihat oleh pemangsa. Ia ditemukan hanya di Madagaskar, dimana ia tinggal dalam hutan bersama reptil-reptil fantastis lainnya. Ia termasuk pemakan serangga dengan penampilan yang menakutkan tetapi tidak berbahaya bagi manusia. Sayangnya, spesies yang luar biasa ini terancam punah karena banyak diburu oleh penduduk dan merusak habitat alami mereka.


1. Ulat Hemeroplanes

Ulat sederhana ini menduduki peringkat nomor satu dalam daftar ini. Hewan ini ibaratnya maha-karya hidup dari alam dan walaupun semua hewan menakjubkan, namun hewan ini yang paling mempesona. Sangat jarang dilihat dan hanya ditemukan di hutan hujan tropis di Mexico dan Amerika Tengah, makhluk kecil ini biasanya terlihat normal dan memiliki warna yang membosankan, tetapi jika diancam oleh predator, ia akan berubah menjadi luar biasa, ia menggantung dari sebuah cabang dengan kaki belakangnya, dan mengangkat bagian depan badannya, sampai terlihat persis seperti ular berbisa yang siap mengeluarkan bisanya. Bukan hanya mengancam, tetapi ia benar-benar akan menyerang musuhnya. Ulat Hemeroplanes ini belum banyak diketahui, dan yang menyedihkannya, hewan ini terancam eksistensinya karena penggundulan hutan.

Malas Bangun Pagi

Mike PortalApa yang Anda lakukan ketika membuka mata dan terbangun di pagi hari? Kebanyakan Anda pasti akan menjawab malas beranjak dari kasur. Segera hilangkan malas dan susun semangat di jam-jam awal mata terbuka dengan beberapa langkah tepat berikut. Gerakan yang tepat di pagi hari akan membuat Anda fokus, bersemangat dan tampak positif meski rutinitas sehari-hari cukup melelahkan. Berikut 7 Trik Melawan Malas Saat Bangun Pagi, yaitu :


1. Lihatlah Sesuatu Yang Berwarna
"Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong," ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute. Gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur ketika Anda membuka mata untuk pertama kalinya.


2. Bangun dan Lihatlah Bunga Mawar
"Melihat sekuntum bunga mawar ketika terbangun, terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari," ujar Nancy Etcoff, PhD, anggota Harvard Medical School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative.


3. Berhenti Memencet Tombol 'Snooze' di Alarm Anda
"Ketika Anda menekan tombol snooze, otak Anda tahu dan akan berkata bahwa bunyi itu akan mati beberapa menit lagi, sehingga Anda akan tertidur lebih pulas. Tapi itu juga artinya Anda akan lebih capek mendengar bunyi itu daripada ketika mendengar bunyi itu pertama kalinya. "Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze," ujar Jodi Mindell, PhD dari The Sleep Disorders Center at the Children's Hospital of Philadelphia.


4. Gambarkan Harimu Sejenak
Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. "Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas," ujar Dana Lightman, PhD, psikolog dai Abington, PA.


5. Minumlah Air Segera Setelah Bangun
Meminum segelas air segera setelah terbangun adalah cara yang baik untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang semalamnya. "Segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air. Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ," ujar Holly Andersen, MD, seorang asisten profesor di Weill Cornell Medical Center.


6. Biarkan Sinar Matahari Masuk
Sinar matahari yang menyentuh kulit akan membuat Anda lebih terbangun. Bacalah koran di dekat jendela atau keluarlah untuk sekedar minum kopi beberapa menit. "Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang" ujar James B. Maas, PhD, seorang profesor psikologi di Cornell University.


7. Beri Sedikit Pijatan Di Wajah
Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat. Aktivitas fisik adalah satu cara ampuh untuk mengusir malas. "Melakukan seks di pagi hari contohnya bisa meningkatkan mood Anda karena beberapa hormon akan keluar, seperti hormon peningkat stamina (testosteron), energi (dopamin) dan ketenangan (oxytocin)," ujar Helen E. Fisher, PhD, seorang anthropolog dari Rutgers University.

Tips Mengetahui Siapa yang Barusan Kentut

Mike PortalDi suatu siang yang cerah, kamu baru aja balik makan siang sama temen-temen kamu. Terus kamu sekarang ceritanya lagi naek lift/mobil atau apapun pokoknya yang berupa ruangan sempit dan tertutup. Keadaan saat itu lagi menyenangkan. Kamu asik mengobrol dan bersenda gurau dengan teman-teman. Dunia rasanya indah sekali. Namun tiba-tiba….

Muncul bau busuk yang sangat memuakkan dan memualkan. Entah dari mana asalnya, tanpa suara, dan tanpa bentuk. Senyum di muka kamu dan teman-teman langsung terhapus dan tergantikan oleh dahi yang mengerenyit, mata yang memicing, dan napas yang ditahan. Semua diam tak ada yang bersuara, tak ada yang berkomentar, namun kalian semua tahu, bahwa salah satu dari kalian baru saja kentut.
Sebelum kalian saling menuduh, menunjukkan jari dan memaki yang akhirnya akan menghancurkan persahabatan kalian, mendingan baca dulu nih, MBDC bakal ngasi tau gimana caranya mengetahui siapa yang barusan kentut. Enjoy…


1. Analisa Bau
Hirup aroma kentut yang memenuhi udara sekitar kamu dalam-dalam, dan coba cerna, bau apakah itu ? Lalu ingat-ingatlah temen kamu tadi abis makan apa aja. Kentut orang yang abis makan pecel lele tentu beda dengan yang abis makan nasi padang. Apalagi yang abis makan ubi atau pete.
Cara analisa bau ini adalah cara yang paling ampuh, tapi juga paling susah. Ada beberapa orang yang memang terlahir dengan daya penciuman yang tajam, tapi kalo kamu cuma orang biasa jangan putus asa, kamu bisa berlatih dengan menganalisa kentut kamu sendiri, setelah makan makanan yang berbeda.


2. Puji Kentutnya
Siapa sih yang nggak seneng dipuji. Orang yang kalo dipuji trus malah marah juga sebenernya dalem hati seneng. Nah, pujian juga bisa jadi cara yang ampuh untuk mengetahui siapa yang kentut. Pujian buat kentut seseorang juga bermacam ragam, misalnya ada bau-bau comberan campur kecoa mati, trus kamu komentar aja:
atau..
Dengan memuji kentut seseorang, dia pasti bakal merasa senang, dan mungkin bakal ngaku. Kalo nggak ngaku sekalipun, pasti dia bakal senyum-senyum sendiri, sumringah gitu gara-gara kentutnya dipuji. Terus kamu bisa tau sendiri siapa yang kentut.
Cara ini sebaiknya jangan sering-sering dilakuin, karena bisa jadi yang kentut malah kegeeran, terus dia malah kentut terus-terusan.


3. Interogasi
Pasti diantara temen-temen kamu, ada yang terkenal jorok dan yang udah-udah sih kalo ada kasus kentut-lari (kentut terus kabur nggak ngaku -red) biasanya dia tersangka utama atau terdakwanya. Kamu coba aja interogasi temen-temen kamu, sok-sok detektif gitu. Tanyain apakah mereka abis makan sesuatu yang bikin lambung penuh gas, atau ada yang emang lagi masuk angin. Coba inget-inget kejadian yang terjadi sampai keluarnya kentut tersebut, ada yang tiba-tiba diam dan merubah posisi pantat atau enggak. Apakah temen-temen kamu punya alibi yang bisa dipertanggung jawabkan. Apakah temen kamu punya motif untuk kentut, dan sebagainya.
Banyak variasi dari cara interogasi ini. Kamu bisa coba cara good cop bad cop dengan temen kamu yang kamu percaya banget bukanlah oknum yang kentut. Ato kamu juga bisa fokusin interogasi sama satu orang, dan kamu galakin dia sampe nangis-nangis gitu, nanti yang kentut akhirnya merasa iba dan ngaku karena nggak tega. Gitu deh.


4. Pura-Pura Pingsan
Jelas lah ya. Kamu pura-pura pingsan aja gitu gara-gara saking baunya itu kentut. Terus nanti yang kentut bakal ngerasa bersalah dan ngaku. Lebih seru lagi kalo kejadian kentutnya di mobil, dan kamu yang nyetir. Nanti kamu pura-purang pingsan dan akhirnya kecelakaan. Terus nanti bisa adegan dramatis a la sinetron gitu "GARA-GARA KENTUT LO, KITA SEMUA KECELAKAAN !" Wuih. Seru kan.
Nah, sekarang udah tau kan cara nebak siapa yang kentut. Sekarang terserah kamu, mau diapain tuh yang kentut sembarangan.

Bagaimana? apakah setelah membaca artikel ini bertambah pengetahuannya!?

Hubungan Indonesia - China

Mike PortalSudah menjadi pengetahuan publik jika pemerintah Indonesia tengah akrab dengan pemerintah China. Tidak hanya di sektor Ekonomi, bidang pertahanan pun terkena sentuhan mesra dua negara.
Jika sejak era Menperindah Marie Elka Pangestu, Indonesia diserbu produk-produk China, mulai dari barang retail hingga investasi skala besar di berbagai sektor, membuktikan adanya keeratan sang Naga dengan burung Garuda. Hingga kemudian Marie Elka Pangestu diganti oleh Gita Wiryawan, sosok pengusaha muda yang disebut-sebut sengaja diangkat sebagai Menperindag untuk menghentikan serbuan ekonomi Papa Mao di Indonesia.

Tentu muncul praduga dan spekulasi siapa yang berpengaruh besar dalam pergantian Menperindag tersebut? Bukan maksud tulisan ini membahas hal tersebut, tetapi justru untuk mengupas motif dan sebab mengapa Garuda cukup akrab akhir-akhir ini dengan sang Naga, padahal negeri kita ini sejak dahulu dikenal erat (atau patuh) dengan setiap kehendak Paman Sam.

Dalam sebuah dokumen laporan dan proyeksi yang dirilis oleh National Intelligence Council (NIC) di Amerika Serikat memperkirakan akan terjadinya perubahan lanskap geopolitik pada tahun 2020 yang dipelopori oleh China dan India.

NIC mengkalkulasikan faktor-faktor munculnya kedua negara tersebut dalam percaturan geopolitik adalah sebagai berikut :

1. Populasi kedua negara yang diprediksi oleh US Census Bureau akan mencapai 1,4 milyar (China) dan hampir 1,3 milyar (India) jiwa. Berturut-turut, pada tahun 2020, —standar hidup tidak perlu mendekati tingkatan Barat untuk negara-negara ini untuk menjadi kuasa-kuasa ekonomi penting.

2. China, sekarang merupakan negara produsen terbesar ketiga barang-barang manufaktursaham-saham korporasi China telah naik dari empat menjadi 12 persen dalam satu dekade terakhirDengan mudah China akan melampaui Jepang dalam beberapa tahuntidak hanya dalam pangsa manufaktur tetapi juga dari ekspor duniaPersaingan “harga” China terbukti mampu menahan kuat harga-harga manufaktur di seluruh duniaIndia saat ini masih tertinggal dari China dalam langkah-langkah ekonomitetapi sebagian besar ekonom percaya negara itu juga akan mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Pada saat yang samaperubahan lain muncul yang cenderung membentuk lanskap geopolitik baruIni termasuk kemungkinan peningkatan ekonomi negara-lainnya seperti BrazilAfrika Selatan,Indonesiadan bahkan Rusia - yang dapat memperkuat peningkatan peran China dan India.
Proyeksi ekonomi NIC tersebut sejauh ini terbukti, tetapi ada satu kalimat yang menarik untuk dicermati :
“Economic setbacks and crises of confidence could slow China’s emergence as a full-scale great power….”

Grafik Pertumbuhan Ekonomi China

Pertumbuhan China (credit:NIC)
3. China akan terus memperkuat militernya melalui pengembangan dan kepemilikan persenjataan modern, termasuk pesawat tempur jenis terbaru, kapal selam, dan penambahan jumlah misil balistik. China akan melampaui Rusia dan negara lain sebagai negara dengan jumlah belanja pertahanan terbesar kedua setelah Amerika Serikat untuk dua decade yang akan datang dan sangat mungkin akan menjadi kekuatan militer utama di dunia.

Grafik Anggaran Pertahanan China
Belanja Militer China (Credit: NIC)

Amerika dan China diam-diam terlibat dalam perebutan pengaruh di berbagai belahan dunia. Dalam rangka memenuhi kebutuhan migas domestik, kedua negara bertarung sengit demi memuluskan rencananya.

    1. Afrika.
Perang Dingin baru Washington-Beijing terjadi pula di Afrika, terutama wilayah tengah antara Sudan dan Chad. Perusahaan Minyak Nasional China-Beijing (CNPC), adalah investor asing terbesar di Sudan, dengan sekitar US$5 miliar dalam pembangunan ladang-ladang minyak. Sejak tahun 1999 China telah menginvestasikan setidaknya $15 miliar di Sudan. CNPC sendiri kini memiliki 50% keuntungan dari kilang minyak dekat Khartoum bekerjasama dengan pemerintah Sudan. Sayang, proyek migas China di Sudan kini terhenti setelah wilayah itu dilanda kerusuhan etnis yang kemudian melahirkan negara baru Sudan Selatan pada Juli 2011 lalu.

China pun melakukan kesepakatan dengan Nigeria dan Afrika Selatan. Perusahaan nasional minyak China (CNOC) akan mengangkat minyak di Nigeria, melalui konsorsium yang juga beranggotakan South Africa Petroleum Co., membukakan China akses ke sumber eskploitasi 175.000 barel per hari pada tahun 2008.


Blok eksplorasi minyak di Sudan Selatan (photo : USAID)
Konflik minyak di Sudan ini kemudian melahirkan negara baru Sudan Selatan yang disponsori Amerika dalam mempertahankan lumbung-lumbung minyaknya dari sentuhan China.

2. Kaukasia.
China dan Amerika telah lama terlibat adu diplomasi minyak, keduanya telah memulai perang dingin gaya baru di Kaukasia dan Afrika. China National Petroleum Corp (CNPC) berhasil membangun jalur pipa minyak dari Kazakhstan ke barat laut China, proyek yang telah menggeser signifikansi geopolitik jalur pipa Baku-Tbilisi-Ceyhan (BTC) dukungan Washington.

Kedekatan kooperasi energi China-Kazakhstan-Rusia sangat merugikan Washington, proyek Caspian Pipeline Consortium (CPC) yang dibentuk konsorsium Chevron Tengizchevoil di Kazakhstan terhenti sejak medio dekade 1990-an. Keberhasilan CNPC membeli PetroKazakhstan senilai $4.18 milyar, kemenangan kembali Sultan Nazarbayev dalam pemilu 2006, semakin memperkuat geopolitik minyak China. Nazarbayev pun dikenal dekat dengan Vladimir Putin.

Jalur Pipa Rusia - Kazakhstan - China
Proyek pipa minyak China-Rusia di Kazakhstan (photo : oil.geopolitic.com)

3. 3. Asia Tenggara.

AS sendiri jelas ingin menanamkan pengaruhnya di kawasan Asia Tenggara. Kekalahannya dalam perebutan sumber-sumber SDA di Kaukasia dan Afrika, membuat AS tidak akan melepaskan Asia Tenggara ke tangan China.
Kini ASEAN tengah dimanfaatkan untuk melemahkan pengaruh China. Jika dulu AS hanya memiliki Thailand, Singapura, Malaysia, Indonesia dan Brunei dalam menjaga ‘stabilitas kawasan‘, kini Vietnam dan Kamboja berlawanan dengan China sejak klaim negeri Panda di Laut China Selatan (LCS). Bahkan sejak 2008Washington tidak terlalu menekan rezim Myanmar, bahwa Washington akhirnya dapat menambah Myanmar sebagai ‘teman’ strategis.

AS cenderung menyikapi pengaruh China di ASEAN dengan melakukan militerisasi kawasan. Kehadiran ribuan marinir di Darwin, rencana penempatan militer kembali di Filipina, dan latihan militer bersama di LCS. Bahkan, Filipina telah menerima hibah beberapa kapal perang dari AS.
Tidak hanya AS, Inggris pun menghadiri pertemuan negara-negara anggota Five Power Defense Arrangement (FPDA) ke-13 di Singapurabersama Australia, Malaysia, Singapura, dan Selandia Baru.
Lemahnya China dan tergiringnya ASEAN lebih lanjut akan membuat wilayah ini benar-benar tak berdaya mensikapi rencana AS selanjutnyanMenurunnya kapasitas ASEAN ke tingkat organisasi stempel kebijakan-kebijakan AS, membuka ruang Australia dan Jepang untuk mendominasi wilayah secara politik dan militer.

Jalur Export Import China di Selat Malaka
Jalur pengiriman dan perdagangan laut di Selat Malaka
Gambar di atas, adalah rantai supply energi yang sangat penting bagi China (jalur biru dengan lis warna merah) lewat Selat Malaka sehingga menjadikan kawasan tersebut bernilai sangat strategis tidak saja bagi negara-negara di kawasan Asia Pasifik, namun juga seluruh dunia.
China jelas sangat berkepentingan dengan Selat Malaka dimana 30% minyak China diimpor melalui selat tersebut.

Jika merujuk kepada dokumen NIC di atas, China dan Indonesia merupakan dua negara yang disebut-sebut sebagai “Rising States” di Asia selain India. Selain secara ekonomi, dari sudut pandang geopolitik, kedua negara memiliki kedudukan yang tidak dapat dipandang enteng.

Baik Amerika maupun China sama-sama faham betul, sebagai negara terbesar di ASEAN dan bersinggungan langsung dengan Selat Malaka dan Laut China Selatan (LCS) tentu menjadi faktor kunci dalam menjaga keseimbangan maupun stabilitas kawasan. Selain faktor historis yang mencatat kepeloporan Indonesia dalam panggung politik dunia, termasuk pembangkangannya baik terhadap Amerika (Era Soekarno) dan terhadap China (Era Soeharto).

Kedua negara akhir-akhir ini sangat aktif melakukan lobi-lobi terhadap Jakarta demi memuluskan kepentingan masing-masing. Dan seperti yang kita lihat, baik dengan China, maupun dengan Amerika, Indonesia sama akrabnya.
Secara kasat mata terlihat hal itu merupakan sikap yang tidak berpendirian, apalagi jika ditilik dari sudut pandang para idealis yang menginginkan Indonesia mengambil sikap hitam-putih khususnya terhadap Amerika seperti yang telah dilakukan Venezuela, Iran, dan Kuba.

Sebagai negara yang “dikepung” oleh kekuatan-kekuatan besar, maka sikap Jakarta merupakan hal yang paling realistis dan pragmatis untuk saat ini. Pragmatisme Jakarta bukannya tanpa visi jangka panjang atau idealism, terlebih saat ini pemerintah tengah mencanangkan kemandirian pertahanan nasional di bidang alutsista.

Dengan proyeksi Minimum Essential Force (MEF), kita membutuhkan mitra atau patron dalam memuluskan proyeksi tersebut. Apalagi pemerintah pun membuat satu pondasi bahwa perkembangan pertahanan harus melibatkan industri pertahanan dalam negeri yang nanti akan memberikan dampak positif terhadap ekonomi nasional.

Permainan geopolitik yang dilakukan Jakarta bukannya tanpa resiko, tetapi resiko yang lebih utama dan patut dicermati secara tajam adalah pertarungan-pertarungan bawah air yang tetap titik finalnya mengganggu kemitraan strategis Indonesia dengan negara lain.
Dalam term Perang Asimetris, kewaspadaan harus diutamakan kepada ancaman nir-militer yang dapat maujud dalam berbagai bentuk. Karena gerakan-gerakan yang dilakukan secara sistematis di bawah tanah, jika tidak dapat diantisipasi akan menjadi ancaman yang fatal saat digiring ke permukaan.

Di China sendiri, negeri Panda tengah dirundung persoalan Xinjiang yang beberapa waktu lalu sempat rusuh. Ditengarai provinsi itu telah menjadi pertarungan intelijen antara Beijing dengan CIA yang memanfaatkan jaringan pembangkang di China.
Masalah lain yang menggerogoti China sejak lama adalah Tibet. Provinsi tersebut menginginkan pemisahan diri dari China, tetapi hingga saat ini Beijing tetap enggan melepaskan Tibet.

Kasus instabilitas yang dicurigai merupakan imbas permainan geopolitik antara China-Amerika adalah kasus kerusuhan Sunni-Syi’ah di Sampang Madura. Isu sectarian dimunculkan untuk memancing rantai reaksi emosional dari dua kubu, padahal dibalik itu banyak indikasi permainan besar terutama dalam rangka “menggoyang” investasi migas China di pulau garam itu.

Kita harus mutlak waspada ketika berusaha mendekatkan diri dengan negara-negara selain Paman Sam, sebagai penganut ideologi Pax Americana, Paman Sam sangat berhaluan unipolar dalam seluruh kebijakannya dan tidak segan-segan menekan negara lain agar mau memenuhi keinginan Paman Sam.

Salah satu aspek krusial dalam peperangan asimetris adalah perang elektronika (pernika) atau Cyber Warfare yang diprediksi akan menjadi salah satu ujung tombak dalam meruntuhkan musuh selain operasi-operasi psiko-sosial (kerusuhan, krisi ekonomi) yang telah saya sebutkan contohnya di atas.

Prediksi NIC sendiri mengatakan :
Selama 15 tahun ke depantumbuh berbagai aktortermasuk terorisdapat memperoleh dan mengembangkan kemampuan untuk melakukan serangan, baik fisik dan cyber terhadap node infrastruktur informasi duniatermasuk Internet,jaringan telekomunikasidan sistem komputer yang mengendalikan proses industri penting seperti jaringan listrikkilangdan mekanisme pengendalian banjirTeroris telah menentukan infrastruktur informasi AS sebagai target dan saat ini mampu melakukan serangan fisik yang dapat menyebabkan - setidaknya secara singkat -gangguan isolasiKemampuan untuk menanggapi serangan tersebut akanmembutuhkan teknologi penting untuk menutup kesenjangan antara penyerang danpelindungSebuah medan tempur virtual kunci di masa depan akan berupainformasi pada sistem komputer itu sendiriyang jauh lebih berharga dan rentan daripada sistem fisik.

Amerika dan China pun telah terlibat peperangan elektronika, salah satunya melibatkan situs paling terkenal abad ini, WikileaksMenurut pejabat China dan Thailand, Wikileaks adalah bagian dari perang digital Amerika Serikat dan operasi spionase computer, termasuk Mossad di dalamnya. “Wikileaks tengah menjalankan kampanye disinformasi, seolah-olah menangisi penyiksaan yang dilakukan agensi intelijen Amerika. Kegiatan Wikileaks di Islandia sendiri pun sangat mencurigakan.”

Kecurigaan bahwa Wikileaks adalah bagian cari COINTELPRO (Counter Intelligence Program) digital, diperkuat dengan pernyataan John Young. Pada bulan Januari 2007, salah satu pendiri awal Wikileaks yang kini memiliki situs cryptome.org dan banyak mempublikasikan dokumen-dokumen sensitif tersebut, keluar dari Wikileaks. Young menuduh bahwa Wikileaks adalah garis depan CIA, sembari memperlihatkan 150 email internal aktivis Wikileaks ke situs Cryptome.

Dalam sebuah wawancara dengan John Young, CNET melaporkan bahwa Young menarik diri ketika para pendiri Wikileaks lainnya mulai membicarakan kebutuhan dana sebesar $5 juta dan mengeluh bawah putaran pertama publikasi Wikileaks telah mempengaruhi negosiasi Wikileaks dengan Open Society Institute maupun lembaga donor lainnya.

Masih menurut Young, aktivis Wikileaks di China dicurigai memiliki koneksi dengan dinas Intelijen Israel. Wikileaks secara intim bergerak bersama CIA dalam operasi senilai $20 juta untuk meretas jaringan komputer China, aksi itu dilakukan bersama aktivis pelarian China yang berada di Amerika Serikat. Rute peretas China tersebut biasanya diawali oleh dijebolnya jaringan komputer China, kemudian membidik sistem komputer militer maupun pemerintah Amerika Serikat. Setelah aksi dilakukan, Gedung Putih melalui media yang pro pemerintah akan mengeluarkan pernyataan resmi bahwa jaringan komputer mereka telah menjadi sasaran serangan digital China. Ancaman yang dibuat-buat itu berhasil menggelembungkan anggaran pertahanan digital Pentagon, CIA, FBI, dan lembaga lainnya, serta memainkan perasaan takut rakyat Amerika maupun pelaku bisnis yang sangat bergantung pada teknologi informasi.

Kecurigaan tersebut sejauh ini terbukti, pemerintah China membantah keras keterlibatan pemerintah negeri itu dalam serangan meretas layanan surat elektronik milik Google, Gmail. Pernyataan ini keluar sehari setelah Google menyatakan pembobolan kemungkinan dilakukan peretas dari Jinan, China.
Seperti dilansir laman International Business Times, Kamis 2 Juni 2011, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei, megatakan, pihaknya tidak dapat menerima jika semua kesalahan hanya dialamatkan kepada pemerintahan China. “China sendiri telah menjadi korban serangan peretas ini, dan pemerintah telah memberikan perhatian besar pada keamanan dunia maya,” ujarnya. “Pernyataan yang menyebutkan bahwa pemerintah China mendukung serangan pembajakan, memiliki motif tersembunyi.”

Menyadari pentingnya PERNIKA dalam term peperangan modern, terutama mengantisipasi peperangan asimetris, pemerintah pun merangkul China dalam kerjasama sistem pertahanan elektronika.
Sebelumnya, kedua negara telah bekerjasama dalam produksi rudal C705, latihan militer bersama, dan pertukaran perwira.
Ini menarik, kembali muncul pertanyaan dalam benak saya, “Mengapa dengan China?” Mengapa tidak dengan Amerika atau negara lainnya ?
Sekali lagi, ini pertimbangan geopolitik. Jika merujuk kepada proyeksi NIC di atas, akan sangat dimengerti dan bahkan bisa dikatakan sebuah kewajiban politik untuk melakukan kerjasama dengan Negeri Panda. Tinggal pertanyaannya adalah “Siapa memanfaatkan Siapa?

Hipotesa saya bahwa kerjasama dengan China merupakan kewajiban politik sejauh ini beralasan terutama jika kita tahu ambisi China menguasai 80% komunikasi dunia.
Bagaimana cara China menguasai 80persen komunikasi dunia? China telah menemukan semacam “backdoor” untuk mengakses 80 persen dari komunikasi dunia Tujuannya untuk mendapatkan informasi yang dikirimkan melalui internet dan database infrastruktur sensitive melalui perusahaan Huawei Technologies CoLtd dan ZTE Corporation yang adalah perusahaan pemerintah dan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.
Huawei didirikan thn 1987 oleh seorang ex-military officer Ren Zhengfeijadi tidak menutup kemungkinan, wong pendirinya aja ex intel kok.

China dapat menggunakan “backdoor” ini untuk mendapatkan akses ke informasi di seluruh dunia melalui jaringan komersial yang telah diinstalItulah sebabnya vendor huawei sempat di ban oleh Australia, India,US, dan Inggris

Tetapi China tidak kalah cerdik, mereka menurunkan harga hampir separuh untuk menjual peralatan mereka yang tentu saja menarik minat para operatortelekomunikasi.
Kedua perusahaan tersebut memberikan China remote akses “backdoor” elektronik melalui peralatan yang telah mereka instal dalam jaringan telekomunikasi di lebih 140 negara. Itulah hebatnya China.

Saat ini, perusahaan telekomunikasi China menempati peringkat ke-45 dari seluruh operator telekomunikasi terbesar di dunia.Dengan strategi harga murah, keuntungan bisnis diperoleh,keuntungan intelijen-militer juga dapat diraup melalui data-data intelijen yang didapat dari backdoor tadi.
Kini China telah berusaha untuk memperoleh dan mengakses 20 persen sisanya.
Individu dan perusahaan yang berkomunikasi melalui jaringan mereka yaitu virtual private network/VPN sangat rentan terhadap hal ini. Saat ini telah banyak jaringan-jaringan yang “bocor” ke kolektor data China, terutama jaringan perusahaan yang berbasis di negara seperti Meksiko.

Pejabat Pemerintah AS menyadari ancaman ini. Komite Intelijen AS telah ditugaskan untuk menyelidiki dua perusahaan China tersebut. Departemen Perdagangan AS telah melarang Huawei untuk membangun jaringan nirkabel nasional.Ini juga mengingatkan kita kepada kasus temuan 1.800 perangkat elektronik China di dalam peralatan penting militer AS seperti sistem pertahanan rudal dan sensor intelijen. Isu ini cukup menghangat dan mengagetkan publik Amerika saat itu. Kecemasan itu pun dirasakan oleh Chairman televisi CBS, Mike Rogers, yang mengatakan :
If I were an American company today and you are looking at Huawei, I would find another vendor if you care about your intellectual property.. if you care about your consumers’ privacy and you care about the national security of the US.

Bagaimana dengan di indonesia? Huawei hampir menguasai 80 persen telekomunikasi di Indonesia. Jadi, kerjasama pertahanan elektronika ini memang bukan tanpa resiko yang dapat membahayakan keamanan Nasional, tetapi jika melihat peta rejional hari ini, menurut saya kerjasama dengan China sudah sangat tepat.
Bahkan, saya yakin hipotesa ini tidak berlebihan, “Kerjasama pertahanan elektronika ini dapat dikembangkan (dengan diam-diam tentunya) menjadi suatu fakta pertahanan elektronika. Sehingga kedua negara dapat saling membantu apabila terjadi serangan elektronik dari negara lain.”

Demikian, semoga bermanfaat.

Tiga Negara / Sam Kok / Three Kingdoms

Mike PortalZaman Tiga Negara atau di kalangan Tionghoa di Indonesia, kisah ini dikenal dengan nama Samkok yang merupakan dialek Hokkian dari sanguo atau tiga negara.juga dikenal dengan nama Samkok (Hanzi: 三国時代; hanyu pinyin: sanguo shidai, bahasa Inggris: Three Kingdoms Era) adalah sebuah zaman (tahun 169-280 M) di penghujung akhir Dinasti Han di mana Tiongkok terpecah menjadi tiga negara yang saling bermusuhan.

Di dalam sejarah China biasanya hanya boleh ada kaisar tunggal yang dianggap menjalankan mandat langit untuk berkuasa, namun di zaman ini karena tidak ada satupun negara yang dapat menaklukkan negara lainnya untuk mempersatukan China, maka muncullah tiga negara dengan kaisar masing-masing. China akhirnya dipersatukan oleh keluarga Sima yang merebut kekuasaan dari negara Wei dan menaklukkan Wu serta mendirikan Dinasti Jin.

Peta Tiga Negara (Sam Kok)

Sering orang salah kaprah akan perbedaan Kisah Tiga Negara atau Kisah Tiga Kerajaan mengingat terjemahan bahasa Inggris dari roman ini adalah Romance of the Three Kingdoms, namun pada sebenarnya, yang tepat adalah Kisah Tiga Negara mengingat pada klimaks roman ini, ketiga pemimpin yang bertikai; Cao Cao (negeri Wei), Liu Bei (negeri Shu) dan Sun Quan (negeri Wu) masing-masing telah memaklumatkan diri sebagai kaisar dan mengklaim legitimasi sebagai kekaisaran yang mewarisi Dinasti Han yang telah runtuh.

Kisah Tiga Negara adalah salah satu karya sastra klasik yang paling populer di dalam sejarah Tiongkok. Ada sekitar lebih 400 tokoh sejarah yang diceritakan di dalam Kisah Tiga Negara yang dilukiskan dengan karakter berbeda. Cao Cao, Liu Bei dan Sun Quan sama sebagai karakter pemimpin namun berbeda dalam sifat dan pemikiran. Demikian pula penasehat Zhuge Liang, Guo Jia dan Zhou Yu masing-masing berbeda pandangan dan wataknya. Setiap karakter mempunyai watak dan sifatnya sendiri yang berbeda satu sama lain.


Negara Cao Wei
1. Cao Cao, raja perang, mempersatukan utara Tiongkok.
2. Cao Ren, jenderal perang, sepupu Cao Cao.
3. Cao Pi , anak Cao Cao, kaisar pertama Wei.
4. Cao Rui, cucu dari Cao Cao, pemimpin pengganti Cao Pi.
5. Sima Yi, penasehat militer, kakek Sima Yan kaisar pertama Jin.
6. Guo Jia, penasehat militer, mati muda karena sakit.
7. Jia Xu, penasihat militer.
8. Cheng Yu, penasihat militer.
9. Xun Yu, penasehat militer, handal dalam masalah pemerintahan.
10. Xiahou Dun, jenderal perang, kehilangan satu matanya karena dipanah.
11. Xiahou Yuan,jenderal perang, dikenal karena kemampuan memanahnya.
12. Zhang Liao, jenderal perang, mantan bawahan Lu Bu.
13. Dian Wei, pengawal pribadi Cao Cao, tewas demi melindungi kaburnya Cao Cao.
14. Xu Chu, pengawal Cao Cao, pengganti Dian Wei.
15. Yue Jin, jenderal perang.
16. Yu Jin, jenderal perang.
17. Cai Mao, jendral angkatan laut andalan Cao Cao.
18. Zhang Yun, jenderal angkatan laut andalan Cao Cao.
Negara Dong Wu
1. Sun Jian, panglima perang, penguasa Changsha, dikenal dengan sebutan “Macan dari Jiang Dong”.
2. Sun Ce, anak sulung Sun Jian, peletak dasar negara Wu, suami Da Qiao.
3. Sun Quan, adik Sun Ce, kaisar pertama negara Wu.
4. Sun Shan Xiang, adik Sun Ce, menikah dengan Liu Bei.
5. Lu Meng, penasehat militer, kemudian konon dibunuh oleh arwahnya Guan Yu.
6. Zhou Yu, penasehat militer, suami Xiao Qiao, mati muda karena sakit.
7. Lu Su, penasihat dan pengganti posisi Zhou Yu.
8. Zhuge Jin, penasehat militer, kakak Zhuge Liang.
9. Lu Xun, jenderal perang, memenangi pertempuran Xiaoting/Yiling.
10. Huang Gai, jenderal perang, pura-pura membelot ke Wei saat pertempuran tebing merah.
11. Gan Ning, jenderal perang, mantan bajak laut yang membunuh Ling Cao.
12. Taishi Ci, jenderal perang, pernah memerangi Sun Ce.
13. Lu Meng, jendral perang.
14. Xiao Qiao, istri Zhou yu dan adik Da Qiao.
15. Da Qiao, istri Sun Ce dan Kakak Xiao Qiao.
Negara Shu Han
1. Liu Bei, bangsawan masih keturunan Han, ingin meneruskan Dinasti Han.
2. Liu Chan, anak dari Liu Bei , ia menjadi kaisar kedua di Shu ketika Liu Bei meninggal.
3. Xu Shu, penasihat militer, pendahulu Zhuge Liang, nama lainnya Dan Fu
4. Pang Tong, adalah penasehat Liu Bei pada zaman Dinasti Han. Konon kemampuannya setara dengan ahli strategi Zhuge Liang.
5. Zhuge Liang, penasehat militer jenius, dijuluki ‘Naga Tidur’.
6. Jiang Wei, jenderal perang, membelot dari Wei, konon mewarisi sebagian dari keahlian Zhuge Liang.
7. Guan Yu, dikenal juga sebagai Guan Gong, adik angkat Liu Bei, salah satu dari Jenderal 5 Harimau.
8. Guan Xing, anak dari Guan Yu, mati muda karena sakit.
9. Guan Ping, anak adopsi Guan Yu, ia wafat bersama Guan Yu.
10. Guan Suo, anak dari Guan Yu.
11. Zhang Fei, adik angkat Liu Bei, seorang pemabuk berat, salah satu dari Jenderal 5 Harimau.
12. Zhang Bao, anak laki-laki Zhang Fei, mati di perang Wu Zhang.
13. Zhao Yun, jenderal perang, menyelamatkan Liu Chan sewaktu masih bayi di Chang Ban yang menjadi kaisar terakhir negeri Shu, salah satu dari Jenderal 5 Harimau yang berhasil bertahan hidup paling akhir.
14. Huang Zhong, jenderal perang, dikenal karena kemampuan memanahnya, salah satu dari Jenderal 5 Harimau.
15. Ma Chao, jenderal perang, anak Ma Teng, salah satu dari Jenderal 5 Harimau.
16. Wei Yan, jenderal perang yang berbakat, dekat dengan Liu Bei tapi tidak dipercaya oelh Zhu Geliang, akhirnya berkhianat di Wu Zhang.
17. Ma Dai, Jenderal perang Zhuge Liang, keponakan dari Ma Teng dan sepupu Ma Chao.
18. Huang Yue Ying, konon merupakan istri dari Zhuge Liang, pernikahan ini diinginkan oleh ayahnya.

Kisah sejarah Sam Kok ini ditulis oleh  Lou Guanzhong, seorang penulis terkenal pada zaman Dinasti Yuan. Kisah Samkok ini kemudian menjadi roman terpopuler di dunia yang bercerita mengenai perebutan kekuasaan, nilai persaudaraan, kejujuran, kesetiaan, pengabdian bertempur dengan pengkhianatan, ambisi, dan intrik yang saling tikam demi meraih kekuasaan. Kepopuleran novel ini termasuk salah satu dari Empat Novel Klasik China Yang Luar Biasa, yaitu Shuihu Zhuan (Water Margin), Xi You Ji (Journey To The West) dan Hong Lou Meng (Dream of Red Chamber) juga merambah ke dunia komik, film, animasi, dan juga games.